Friday, November 5, 2010

foto komet hartley 2 dari NASA

Foto hitam putih ini adalah foto jarak dekat dari komet Hartley 2 yang diambil oleh pesawat luar angkasa Deep Impact dari jarak 435 mil (700 km) tanggal 4 november 2010. Diperkirakan komet Hartley 2 berukuran 1.4 mil atau 2,2 kilometer, dengan berat 280 juta metrik ton.

Pesawat luar angkasa Deep Impact ini mendekati komet Hartley 2 pada jarak 700 km dengan kecepatan 43 ribu km/jam. Menurut para ilmuwan, inilah peristiwa 'pendekatan' pada objek luar angkasa dengan hasil yang paling memuaskan.

Misi pemotretan ini sendiri diberi kode Epoxi dengan tujuan utama mengambil gambar dengan resolusi yang sangat tinggi menggunakan dua teleskop lengkap dengan kamera digital dan spektrofotometer inframerah.

Foto pertama sendiri berhasil di transfer hingga ke tangan para ilmuwan satu jam setelah diambil. Tetapi untuk mempelajarinya akan dibutuhkan waktu yang cukup lama. Dari foto-foto awal terlihat jelas bahwa inti dari komet Hartley 2 ini berbentuk seperti pin bowling. Dengan ujung-ujungnya yang berbatu, dan bagian tengah yang halus.

'Foto yang diambil dan diperbesar dengan kecepatan  lebih dari 43.450 km per jam oleh pesawat luar angkasa ini sangat mengejutkan dan luar biasa', kata salah satu Administrator NASA.

'Gambar yang kami dapat, dan ilmu pengetahuan yang bisa diambil akan sangat berguna untuk mengetahui asal-usul alam semesta yang masih merupakan pertanyaan besar para ilmuwan'.

Benda yang tersusun dari es, debu, dan gas ini adalah jendela informasi dari alam semsta ini., karena ilmuwan sendiri percaya jika komet merupakan bagian dari alam semesta yang sudah ada sejak dahulu yang mungkin membawa air dan material oraganik lainnya seperti di bumi.

Setelah beberapa pengkajian, terlihat jelas bahwa gas yang keluar dari komet atau biasa disebut ekor komet, keluar dari bagian belakang inti komet, bukan dari bagian tengahnya, dan asalanya dari karbondioksida yang sudah memadat (dry ice).

No comments:

Post a Comment