Tuesday, October 19, 2010

Manusia Tertua Yang Pernah Hidup di Dunia, Siapa Sajakah Mereka?

Tomoji Tanabe
Guinness World Records menginformasikan bahwa Tomoji Tanabe meninggal di rumahnya di Jepang selatan pada hari Jumat, 19 Juni 2009 pada usianya yang ke-113 tahun. Tomoji memegang rekor untuk pria tertua sejak 24 Januari 2007. Tanabe bekerja sebagai seorang insinyur sipil, ia meninggalkan delapan anak, 25 cucu dan 54 cicit. Menjauhi alkohol dan rokok diungkapkan sebagai rahasia panjang umurnya.


Emiliano Mercado del Toro
Pria kelahiran Puerto Rico, 21 Agustus 1891 ini merupakan veteran militer tertua yang pernah hidup, sempat menyandang gelar The World's Oldest Person walau hanya sekitar 6 minggu setelah kematiannya di usia yang ke 115 pada tanggal 24 Januari 2007. Dia tidak pernah menikah dan tidak pernah memiliki anak, tetapi dia mengatakan bahwa dia pernah memiliki tiga orang pacar dalam hidupnya. Apakah itu rahasia umur panjangnya, he he he...

Christian Mortensen
Thomas Peter Thorvald Kristian Ferdinand Mortensen, pria kelahiran 16 Agustus 1982 di Skanderborg, Denmark ini memiliki usia sepanjang namanya. Meninggal di usianya yang ke 115 tahun dan 252 hari pada tanggal 25 April 1998. Dia pun diakui Guinness World Records sebagai The World's Oldest Person. Mortensen buta menjelang akhir hidupnya dan menghabiskan banyak waktu di kursi roda mendengarkan radio. Mortensen sesekali menikmati cerutu dan lebih suka diet vegetarian, pada ulang tahunnya yang ke-115, dia memberikan nasihatnya untuk kehidupan yang panjang: "Teman, sedikit cerutu, banyak minum air, tidak minum alkohol,  selalu berpikir positif dan banyaklah beryanyi akan membuatmu hidup untuk waktu yang lama."

Elizabeth Bolden
Dia juga pernah didokumentasikan Guinness World Records sebagai The World's Oldest Person. Wanita ini dilahirkan pada tanggal 15 Agustus 1890 di Somerville, Tennessee, Amerika Serikat. Pada saat ulang tahun ke-116 di bulan Agustus 2006, Bolden memiliki 40 cucu, 75 buyut, 150 cicit, 220 canggah dan 75 gantung siwur dari ketujuh anaknya. Wow, keluarga superrr besar... Meninggal pada 11 Desember 2006.

Habib Miyan
Miyan, yang tinggal di Jaipur India, dikabarkan meninggal pada usia 138 tahun. Guinness World Records tidak mencatatnya sebagai The World's Oldest Person karena dia tidak memiliki akte kelahiran. Namun ia telah mengumpulkan gaji pensiunan negara selama beberapa dekade. Dia pernah bekerja di istana raja Jaipur - Raja Man Singh, di mana ia bermain clarinet dalam sebuah orkestra maharaja sebelum pensiun 70 tahun yang lalu. Miyan, yang telah buta selama lebih dari 50 tahun menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah untuk berdoa dan bercerita tentang keluarganya. Dia selalu mengatakan "Jika Anda memperlakukan tubuh Anda dengan baik, maka tubuh akan memperlakukan Anda dengan baik pula."

Adakah manusia lain didunia ini yang pernah hidup lebih lama dari mereka? Jawabnya... ADA. Bahkan dikabarkan dia masih hidup di tahun 2010 ini. Tak jauh-jauh di negeri orang, tersebutlah nama Maemunah yang sudah berumur 143 tahun di Desa Kadu Dodol, Kecamatan Cimanuk, Banten. Nenek Maemunah yang biasa akrab dipanggil Ambu Unah ini, berdasarkan data sensus yang dikirimkan ke Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, diduga lahir tahun 1867 silam. Ambu Unah masih dapat beraktifitas seperti layaknya orang seusia 50-60 tahunan. Bahkan, ia masih senang jajan dan jalan-jalan keluar rumah, bermodalkan tongkat bambunya. Jika dia punya data-data kelahiran yang valid mungkin dia bisa dinobatkan Guinness World Records menjadi Manusia Tertua Yang Masih Hidup di Dunia.
Ambu Unah (Maemunah) nenek berusia 143 tahun
Sumber:
www.guinnessworldrecords.com
http://en.wikipedia.org
http://www.republika.co.id
http://www.bps.go.id/

No comments:

Post a Comment